PELAYARAN KEBANGSAAN VIII/2008


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas kembali mengundang mahasiswa dan taruna untuk mengikuti Pelayaran Kebangsaaan pada tahun 2008. Sebanyak 180 mahasiswa dan 20 taruna dari seluruh Indonesia akan diseleksi berdasarkan aplikasi yang masuk. Pelayaran Kebangsaan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan TNI Angkatan Laut. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2001. Pelayaran Kebangsaan VIII 2008 akan mengambil tema: Meningkatkan Kesadaran Bahari, Membangun Budaya dan Peradaban Bangsa demi Kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) .


Pesyaratan Pelayaran Kebangsaan VIII/2008

1. Program Pelayaran Kebangsaan sifatnya adalah terbuka dan selektif bagi semua mahasiswa yang memenuhi criteria dalam koridor kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

2. Peserta Pelayaran Kebangsaan merupakan wakil/utusan dari perguruan tinggi yang dipilih berdasarkancriteria tertentu. Tidak berlaku bagi mahasiswa yang pernah mengikuti Pelayaran Kebangsaan (I-VII).

3. Perguruan tinggi pengirim adalah perguruan tinggi yang memiliki ijin penyelenggaraan dan terakreditasi.

4. Setiap perguruan tinggi mengusulkan 2 (dua) orang terdiri dari putra dan putrid yang merupakann utusan terbaik perguruan tinggi pengusul. Calon utusan memiliki kecakapan terbaik yang dapat menggambarkan :

a. Berkualitas : iman taqwa, cerdas, kreatif, produktif dituinjukkan dengan IPK, aktivitas ko/ekstra-kurikuler, serta kegiatan ekstra kampus, karya ilmiah dan seni/prestasi lainnya.

b. Berkepribadian Indonesia ditunjukkan dengan : perilaku baik, bebas kasus criminal dan narkoba.

c. Berwawasan dan berkemampuan dalam komunikasi lisan maupun tulisan, mampu menuangkan ide dan gagasan tentang jiwa dan wawasan dalam suatu karya tulis, memiliki ketrampilan khusus lainnya (misalnya : kesenian).

5. Usulan peserta yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi bidang kemahasiswaan dilampiri curriculum vitae menggunakan format baku yang telah ditentukan.

6. Indeks Prestasi Kumulatif > 2,75.

7. Masih tercatat sebagai mahasiwa semester 6-8 dengan batasan usia saat mendaftar

8. Menulis makalah (karya tulis) sesuai dengan tema/topik makalah untuk Pelayaran Kebangsaan VIII dengan jumlah halaman antara 6-15 halaman ukuran kertas A4 (margin kiri 3 cm, kanan 2,5 cm dan bawah 2,5 cm), font setara times new roman 12, ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, komunikatif dan sesuai kaidah penulisan yang telah baku.

9. Sub tema program pelayaran kebangsaan yang merupakan makalah adalah :

a. Membangun kepemimpinan bangsa yang bertaqwa dan bervisi kebaharian.

b. Multi Etnik dan multi kultur bangsa Indonesia sebagai potensi perekat bangsa.

c. Perubahan paradigm kebangsaan, dari berbasis daratan menuju kebaharian.

d. Pemberdayaan potensi kebaharian sebagai landasan masa depan pembangunan peradaban bangsa Indonesia.

e. Meningkatkan ketahanan dan kemampuan social, ekonomi, cultural bangsa berbasis kebaharian menghadapi era kompetisi global.

Bagi mahasiswa IPB informasi lebih lanjut dapat diperoleh di Direktorat Kemahasiswaan IPB. Batas akhir pendaftaran dan pengumpulan naskah tanggal 10 Mei 2008 di Direktorat Kemahasiswaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: