SBRC AWARD 2008


Kelangkaan bahan bakar merupakan salah satu masalah yang sangat krusial dan harus ditangani. Dengan semakin menipisnya cadangan minyak bumi, maka tuntutan untuk mencari energi alternatif sangatlah perlu. Energi alternatif bisa dikembangkan salah satunya dari tanaman jarak pagar yang dapat diolah menjadi bahan baku energi terbarukan.

SBRC sebagai salah satu pusat penelitian di LPPM IPB yang fokus pada pengembangan surfaktan dan bioenergi mempunyai keinginan kuat untuk menjadi pelopor dalam pengembangan bioenergi yang berguna bagi masyarakat. Sampai saat ini, SBRC telah dikenal luas baik di dalam negeri maupun luar negeri sebagai salah satu pusat penelitian dan pengembangan bioenergi dan surfaktan di Indonesia. SBRC telah dijadikan salah satu tujuan studi banding untuk pengembangan bioenergi khususnya jarak pagar di Indonesia.
Pengembangan biodiesel jarak pagar dirancang sebagai sistem yang terintegrasi mulai dari hulu sampai hilir, meliputi pemuliaan dan teknik budidaya tanaman jarak pagar, teknologi proses pengolahan, pola kelembagaan dan model pengembangan bisnis, serta sosialisasi dan promosi kegiatan-kegiatan terkait sehingga bisnis Jarak Pagar menjadi lebih feasible.
Oleh karena itu, dalam rangka pengembangan jarak pagar diperlukan sumbangan ide-ide penelitian di bidang ilmu dan teknologi dari hulu sampai hilir. Atas dasar inilah program ini diadakan. Program ini ditawarkan untuk seluruh mahasiswa program sarjana dan diploma dari departemen Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Teknologi Industri Pertanian, Kimia, Ilmu Tanah, Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Agrometeorologi dan Geofisika, dan Fakultas Kehutanan. Kegiatan ini akan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa masing-masing fakultas dan Himpunan Profesi dari masing-masing bidang ilmu.
SBRC Award terbuka untuk seluruh mahasiswa program diploma maupun sarjana, yang masih aktif, terdaftar di perguruan tinggi dan tidak sedang terkena sanksi akademik. Dapat diusulkan secara kelompok, baik kelompok non-himpunan, himpunan profesi ataupun unit kelompok. Seseorang atau sekelompok mahasiswa, baik sebagai ketua atau anggota, hanya dibenarkan mengusulkan satu jenis proposal. Untuk menjaga terpenuhinya quality assurance, keberadaan dosen pendamping disarankan untuk dilibatkan secara aktif dalam setiap jenis kegiatan SBRC Award. Seorang dosen pendamping hanya diijinkan mendampingi satu kelompok pelaksana SBRC Award.
Rangkaian proses pengusulan, pelaksanaan dan pelaporan Program SBRC Award dilaksanakan sesuai dengan format yang telah ditentukan. Proses pengajuan proposal berawal dengan pengumuman undangan proposal kepada mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Profesi Mahasiswa (Himpro) dan masing-masing Departemen.
Proposal yang disusun mahasiswa sesuai format dan sistematika yang telah ditetapkan dapat diajukan ke SBRC secara kolektif oleh BEM ataupun per kelompok.

Panduan Penulisan Proposal dapat diunduh di. http://www.sbrc-ipb.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: