LOMBA PERANCANGAN JEMBATAN SPEKTAKULER 


Sebagai salah satu komponen struktur yang dominan, murah, dan diminati dalam suatu pembangunan gedung atau bangunan teknik sipil lainnya. Beton menjadi komponen bangunan yang seakan tidak dapat tergantikan. Karena itu dibutuhkan ide, pemikiran dan inovasi baru yang kreatif untuk menghasilkan beton dengan mutu yang kita harapkan. Dalam acara CIVIL EXPO 2009 kali ini, akan menampilkan formulasi baru dari rancanagan pembuatan beton dan jembatan. Dalam ‘Lomba Beton’ kali ini sebagai bahan dasar tetap akan menggunakan semen dan bahan tambahan lain sebagai bahan pengikat karena memiliki keunggulan lain yaitu dalam hal struktural dan juga tampilan arsitekturalnya.

Sebagai salah satu komponen struktur yang dominan, murah, dan diminati dalam suatu pembangunan gedung atau bangunan teknik sipil lainnya. Beton menjadi komponen bangunan yang seakan tidak dapat tergantikan. Karena itu dibutuhkan ide, pemikiran dan inovasi baru yang kreatif untuk menghasilkan beton dengan mutu yang kita harapkan. Dalam acara CIVIL EXPO 2009 kali ini, akan menampilkan formulasi baru dari rancanagan pembuatan beton dan jembatan. Dalam ‘Lomba Beton’ kali ini sebagai bahan dasar tetap akan menggunakan semen dan bahan tambahan lain sebagai bahan pengikat karena memiliki keunggulan lain yaitu dalam hal struktural dan juga tampilan arsitekturalnya.
Begitu pula dengan jembatan, seiring dengan perkembangan zaman yang terus haus akan dunia teknologi, kebutuhan akan akses jembatan sebagai akses utama dalam moda transportasi darat juga semakin banyak dinanti perkembangannya terutama dalam sistem kecanggihan dan keefektifannya. Oleh karena tuntutan tersebut, dibutuhkan inovasi baru, kreatif dan cemerlang yang tentunya sesuai dengan potensial tanah ibu pertiwi kita, Indonesia.
Oleh karena itu sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri berbasis Institut Teknik yang terbesar di Indonesia wilayah Timur serta memiliki kualitas pendidikan yang patut dibanggakan, maka Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya bermaksud mengadakan suatu kegiatan ilmiah dalam bidang Teknik Sipil. Kegiatan ilmiah yang akan diadakan adalah “Lomba Beton dan Jembatan” Tingkat nasional. Kegiatan ini didasarkan pada banyaknya ide-ide kreatif yang potensial di bidang teknologi beton dan jembatan yang belum tersentuh dengan baik.

Yang menjadi tema dalam Lomba Beton dan Jembatan pada tahun 2009 ini adalah:
“LEADING AND SPECTACULAR INNOVATION ”

Maksud kegiatan ini adalah :
Sebagai wadah dalam menampung inovasi-inovasi baru mahasiswa Teknik Sipil dan kalangan umum dalam bidang teknologi beton dan jembatan yang kuat sekaligus ekonomis.
Sarana penyaluran ide-ide kreatif generasi muda dalam perencanaan jembatan.
Menciptakan arus informasi mengenai bidang Teknik Sipil diantara para mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Ikut serta berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan pengetahuan di bidang Teknik Sipil.

Tujuan dari kegiatan ini adalah :
Memperoleh inovasi dalam membuat beton sesuai dengan mutu yang diharapkan dengan biaya yang memadai.
Terciptanya arus informasi mengenai bidang Teknik Sipil diantara para mahasiswa Teknik Sipil dari berbagai perguruan tinggi.

SASARAN PESERTA
Peserta perlombaan terdiri dari :
·    Lomba beton adalah Mahasiswa & Umum se Indonesia, dengan I tim beranggotakan 3 orang.
·    Lomba Jembatan tingkat mahasiswa adalah Mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Indonesia.
Dengan target peserta sebanyak 140 tim.

LOMBA PERANCANGAN JEMBATAN SPEKTAKULER
TINGKAT MAHASISWA
SE- INDONESIA
Tim maksimal terdiri dari 3 orang dan diperbolehkan lintas universitas.
Peserta mengirimkan formulir pendaftaran, fotocopy kartu identitas diri masing – masing peserta (KTM/KTP/SIM) sebanyak 1 lembar dan bukti pembayaran melalui fax yang tertera di poster. Fax : (031) 592 7650 ; (031) 594 7284
Registrasi lomba dilakukan pada waktu hari lomba dengan menyertakan bukti pembayaran asli dan foto berwarna masing – masing peserta dengan ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar dan ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.
Peserta membuat Model Jembatan Rangka Terbuka satu bentang, dari bahan non logam dengan ukuran panjang x lebar x tinggi = 90 cm x 12 cm x 12 cm. Jembatan diuji kekakuan (lendutan) yang mampu menahan beban terpusat minimal 20 kg ( pmbebanan dilakukan secara bertahap, beban pertahap sebesar 6 kg ). Dan dilanjutkan sampai pembebanan maksimal 180 kg. Besar lendutan maksimal 5 mm. Dan diuji kekuatannya dengan rasio terkecil ( berat jembatan : berat beban ) sampai jembatan rusak. Jembatan dikatakan rusak apabila :
a.    Salah satu bagian dari jembatan terlepas.
b.    Jembatan mengalami keretakan.
c.    Jembatan patah menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut.
Berat jembatan maksimal 5 kg.
Jembatan yang sudah dibuat, dibawa saat lomba diadakan. Peserta tidak perlu membuat proposal dan tidak ada sesi presentasi.
Semua bahan untuk pembuatan jembatan adalah non logam. Mencakup semuanya baik perekat, sembungan, maupun bahan dasarnya.
Perletakan sendi – rol disediakan panitia.
Peserta diperbolehkan menyempurnakan jembatan saat hari lomba sebelum diuji kekuatannya dengan ketentuan waktu maksimal 1 jam.
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

KRITERIA PENILAIAN
Model Jembatan Rangka Satu Bentang yang memiliki nilai estetika tinggi dan kuat dengan rasi terkecil antar berat jembatan dengan kemampuan menahan beban, serta memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan.

PROSENTASE PENILAIAN
Estetika : 10 %
Rasio terkacil ( berat jembatan : beban ) : 45 %
Lendutan : 40 %
Kesesuaian dengan syarat yang telah ditentukan : 5 %

ALAT UJI
Ketentuan yang terkait dengan alat uji dalam lomba jembatan :
1.Setiap model jembatan diuji dengan alat uji yang sama.
2.Alat uji untuk timbangan dan uji beban menggunkan alat uji Urutan pengujian didasarkan pada nomor urut yang diberikan panitia. Nomor urut diberikan setelah ketua panitia tim mlapor ke panitia bahwa jembatan telah siap untuk diuji.

PELANGGARAN dan DISKUALIFIKASI
Ketentuan yang terkait dengan penilaian dalam lomba Jembatan Tingkat Mahasiswa 2009 :
1.Bila pada waktu perlombaan ada peserta yang melakukan pelanggaran atau kecelakaan baik disengaja atau tidak disengaja, maka juri dapat memutuskan untuk melakukan diskualifikasi.
2.Jika bentang dan lebar jembatan kurang dan atau melebihi dari ketentuan di atas dengan toleransi 3cm, maka peserta dinyatakan gugur.
3.Juri dapat menyatakan tim terdiskualifikasi jika ketentuan diatas tidak terpenuhi dan atau spesifikasi model jembatan tidak memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan.
4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

PENJURIAN
Ketentuan yang terkait dengan penilaian dalam Lomba Jembatan :
1.Juri diberi wewenang untuk menilai / mengevaluasi hasil karya inovatif model jembatan dari peserta kompetisi.
2.Para juri menandatangani berita acara bahwa kompetisi siap dimulai, waktu mulai dicatat.
3.Para juri berhak memperingatkan sampai mendiskualifikasi selama waktu pelaksanaan lomba bila dipandang ada yang membahayakn dan melanggar peraturan.
4.Bila pelaksanaan perakitan lengkap selesai, ketua tim melapor ke panitia bahwa pekerjaan perakitan telah selesai dan tim tersebut Para juri akan memeriksa jembatan yang sudah dibuat untuk dinilai estetikanya sebelum malakukan pengujian terhadap jembatan tersebut.
5.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

SYARAT dan KETENTUAN BAGI PESERTA YANG MENGINAP :
Bagi para peserta harus mengkonfirmasi panitia maksimal H-7 ( 14 Maret 2009 ) dari pelaksanaan lomba.
Peserta diwajibkan datang ke Teknik Sipil ITS H-1 dari pelaksanaan lomba :
Untuk lomba beton tanggal 20 Maret 2009.
Untuk lomba jembatan tanggal 21 Maret 2009.
Penginapan disediakan untuk 2 hari 1 malam :
Tanggal 20 – 21 Maret 2009 untuk peserta lomba beton.
Tanggal 21 – 22v Maret 2009 untuk peserta lomba jembatan.
Biaya penginapan : Rp ……………../orang

INFORMASI PENDAFTARAN

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil
Telp : (031) 594 6094 ( No. Pesawat :121 )
Fax : (031) 592 7650 ; (031) 594 7284
Contact Person : Marines : 0856 1114939
*(admin)-2009-01-15 15:04:21

sumber : http://www.its.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: