Jadwal seleksi OSN 2009


Jadwal seleksi OSN 2009

Kamis (29/1’09), diadakan pertemuan antara Direktorat Pembinaan SMA dengan seluruh pembina olimpiade untuk membahas kegiatan OSN 2009. Rapat dipimpin oleh Bp. Dr. Sungkowo Mujiamanu selaku Direktur yang menghasilkan keputusan tentang jadwal kegiatan seleksi mulai dari tingkat kab/kota, provinsi dan nasional sebagai berikut :
Seleksi tingkat kab/kota : 23 – 25 Maret 2009
Seleksi tingkat provinsi : 9 – 10 Juni 2009
OSN : September 2009
Dalam rangka memperbaiki kemampuan siswa yang akan mengikuti seleksi, Direktorat memprakarsai kembali adanya jaringan olimpiade (Perguruan tinggi negeri yang memiliki fakultas MIPA di seluruh Indonesia) agar menjadi kepanjangan tangan pembina pusat. Telah diadakan sarasehan tentang kegiatan tersebut pada November 2008 di Yogyakarta. Implementasinya segera dilaksanakan work-shop calon pembina provinsi pada bulan Februari atau Maret mendatang.
Untuk tahun 2009 ini ditargetkan terbentuk tim pembina provinsi yang terdiri dari perguruan tinggi + dinas pendidikan + Direktorat PMPTK yang akan bertugas membina siswa yang lolos seleksi kab/kota sehingga benar-benar siap menghadapi seleksi tingkat provinsi dan akan dilanjutkan pada pembinaan persiapan OSN.
Dengan kebijakan ini, diharapkan para siswa yang terpilih adalah benar-benar siswa yang sudah siap baik mental maupun kemampuan akademis yang dibutuhkan untuk mengikuti olimpiade tingkat Internasional sehingga lebih memudahkan pembina pusat dalam menyiapkan tim dengan target medali emas yang lebih pasti dan kontinyu seperti halnya tim China.
Sesungguhnya memang keadaan pendidikan di Indonesia belum merata, sehingga mutiara-mutiara bangsa yang ada di daerah belum bermunculan. Ini juga disadari oleh para pendidik di daerah, sehingga pernah muncul gagasan dari mereka bahwa percuma saja mengikut sertakan siswa dalam seleksi olimpiade yang bahan ujinya lebih tinggi dari kurikulum SMA sendiri. Mereka hanya sekedar ikut saja dan tidak pernah sanggup mengalahkan para siswa di daerah yang memiliki fasilitas lengkap. Dengan adanya keinginan untuk menyebarkan pembinaan hingga tingkat kab/kota, semoga masalah yang dihadapi oleh daerah yang minder dengan daerah lain akan terkikis. (webmaster)

Sumber : http://www.tofi.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: