SAYEMBARA MEDIA ANTI KORUPSI – limit 7 Des


Festival Suara Pemuda Anti Korupsi
Tema: “Agents of Change, Breaking the Cycle, Bringing New Indonesia”
http://speakfest.ti.or.id/

Dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember, SPEAK dan TI Indonesia mengadakan serangkaian acara untuk membangkitkan semangat anak muda mendukung dan melibatkan diri dalam gerakan antikorupsi di Indonesia. Kegiatan ini dinamakan Festival Suara Pemuda Anti Korupsi alias SPEAK Fest — Agents of Change: Breaking the Cycle, Bringing New Indonesia. Rangkaian acaranya terdiri dari Workshop Kreativitas dan Video Dokumenter, Sayembara Media (Video Iklan Layanan Masyarakat (PSA), Video Orasi, Poster, dan Esai Foto), lantas ditutup dengan acara puncak Konser Musik Anti Korupsi

SAYEMBARA MEDIA

Kegiatan sayembara ini dibagi dalam 4 jenis yaitu: 1) Sayembara Poster, 2) Sayembara Foto, 3) Sayembara Video Orasi dan 4) Sayembara Video Iklan Layanan Masyarakat. Setiap sayembara dapat diikuti oleh kalangan muda usia 18 – 25 tahun.

Adapun syarat umum peserta dan hasil karya yang mengikuti sayembara ini adalah :
• Peserta tidak mengikuti sayembara lain dalam rangkaian Speakfest ini.
• Peserta menandatangani surat pernyataan orisinalitas di atas materai Rp. 6.000,- dan melampirkan Kartu Mahasiswa atau Kartu Tanda Penduduk (KTP)
• Hasil karya merupakan karya asli yang dapat dipertanggungjawabkan, belum pernah diperlombakan dan dipublikasikan.
• Hasil karya dikerjakan individu.
• Peserta hanya mengirimkan karya sebanyak 1 buah dalam bentuk hardcopy dan softcopy.
• Hasil karya harus memiliki judul dan menyertakan ide cerita/narasi/maksud dari hasil karya.

Batas penerimaan karya : 7 Desember 2010, penjurian : 8 Desember 2010 dan pengumuman Pemenang : 9 Desember 2010 (pemenang akan diumumkan di website TI-Indonesia : www.ti.or.id danhttp://SpeakFest.ti.or.id/

Karya dikirim ke : Sekretariat Speakfest
Jl. Senayan Bawah No.17, Blok S, Rawa Barat
Jakarta Selatan 12180
Speak.Festival@gmail.com ; http://speakfest.ti.or.id/

Contact Person :
Ryco Farysca Adi (Ryco) di nomor 0856-94497239
Sally Ayumi (Suci) di nomor 0897-8153008 atau 021-7208515 (hunting)

Sayembara Poster
Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Gambar poster harus jelas, menarik dan mudah dipahami dalam waktu singkat.

Syarat khusus hasil karya:
• Ukuran Poster A3
• Format poster adalah JPEG/PSD/TIF.

Kriteria penilaian :
• Kesesuaian pesan dengan tema yang dipilih
• Kejelasan pesan yang disampaikan.
• Kreativitas.

Sayembara Esai Foto
Esai Foto atau yang bisa disebut dengan Cerita Foto (Photo Story) adalah sekumpulan gambar yang diletakkan secara berurutan untuk menceritakan runutan berbagai kejadian, emosi dan konsep. Esai foto bercerita seperti layaknya esai biasa, hanya diubah bentuknya menjadi gambar/citra visual. Sebuah Cerita Foto (Photo Story) yang dapat “bercerita” hanya dapat dibuat dengan seseorang yang mengerti emosi yang terkandung di dalamnya dan konsep di balik cerita besarnya. Alat yang digunakan tidak harus professional (boleh menggunakan handphone, kamera digital dan lain-lain).

Syarat khusus hasil karya:
• Ukuran foto A4, maksimal 3 foto sebagai satu kesatuan cerita/konsep.
• Format foto : JPEG/PSD

Kriteria penilaian :
• Kesesuaian pesan dengan tema yang dipilih
• Kejelasan pesan yang disampaikan
• Kreativitas
• Keindahan

Sayembara Video Orasi
Video adalah teknologi elektronik untuk menangkap, merekam, memproses, menyimpan, menyiarkan dan rekonstruksi tahapan gambar tak bergerak yang mewakili gambar bergerak atau sebuah rekaman komponen gambar (visual) dan suara (audible). Sedangkan Orasi adalah pidato publik (public speech) pada saat tertentu, biasanya disuarakan dalam intonasi yang tinggi. Jadi Video Orasi adalah pidato publik yang direkam dan diolah sehingga menghasilkan suara dan rangkaian gambar yang bergerak.

Syarat khusus hasil karya:
• Karya bersifat ajakan.
• Karya sesuai topic.
• Durasi tidak lebih dari 3 menit.
• Format video adalah MPEG, MP4, AVI, 3GP, FLV
• Diunggah (upload) via youtube : www.youtube.com lalu link video dikirim disertai naskah/transkrip orasi dengan judul : Transkrip Video Orasi.

Kriteria penilaian :
• Kesesuaian pesan dengan tema yang dipilih
• Kejelasan pesan yang disampaikan
• Kreativitas
• Keindahan

Sayembara Video Iklan Layanan Masyarakat
Iklan Layanan Masyarakat adalah salah satu bentuk dari iklan yang ditayangkan di televise, radio, media cetak atau media lainnya. Berbeda dengan iklan biasa yang bertujuan memasarkan/mengkampanyekan produk, iklan layanan masyarakat diperuntukkan bagi kepentingan publik dengan meningkatkan kepedulian akan sebuah isu/topik, mendidik publik, mempengaruhi perilaku publik dan mendorong aksi.

Syarat khusus hasil karya:
• Alat rekam tidak harus profesional
• Karya bersifat ajakan.
• Karya sesuai topik.
• Durasi tidak lebih dari 1 menit.
• Format video adalah MPEG, MP3, MP4, AVI.
• Diunggah (upload) via youtube : www.youtube.com lalu link video dikirim disertai naskah/transkrip orasi dengan judul : Transkrip Video Orasi.

Kriteria penilaian :
• Kesesuaian pesan dengan tema yang dipilih
• Kejelasan pesan yang disampaikan
• Kreativitas

Salam,
Team Sayembara

——————-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: