Seminar Gizi NasionaL (SENZASIONAL) Departemen Gizi Masyarakat IPB


Sejak tahun 1995 Kementrian Kesehatan RI telah menetapkan Panduan, Pesan-pesan dan logo Gizi Seimbang sebagai salah satu strategi dan instrument perbaikan status gizi masyarakat melalui perbaikan perilaku makan dan minum serta aktifitas fisik. Dalam logo Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) tampak jelas bahwa pangan hewani seperti ikan, daging, telur dan susu dianjurkan untuk dikonsumsi. Pangan hewani juga dikenal sebagai pangan yang kaya protein dan lemak yang gurih atau enak dikonsumsi serta dapat mencegah anemi dan stunting.
Akan tetapi sampai saat ini konsumsi pangan hewani masih amat rendah. Menyedihkan lagi kelompok vegetarian menganggap tidak perlu mengkonsumsi pangan hewani. Pangan hewani dianggap berbahaya karena mengandung kolestrol dan asam urat yang tinggi, bahkan kadang menjadi tidak aman karena ulah produsen atau pedagang yang menggunakan formalin dan pestisida, Haruskah kita mengkonsumsi pangan hewani?, Apakah ada bukti bahwa mengkonsumsi pangan hewani bermanfaat bagi kecerdasan dan kesehatan? Berapa banyak dan bagaimana cara mengkonsumsi pangan hewani yang aman?
Masalah lain dalam pemenuhan kebutuhan gizi dengan prinsip Gizi Seimbang adalah makanan bergizi kadang tidak enak dimakan dan membosankan. Hal ini menuntut perlunya kreasi dalam mengolah makanan untuk menghasilkan gizi seimbang yang enak dan aman. Salah satu cara meningkatkan rasa enak dalam pengolahan makanan adalah dengan menambahkan bumbu yang menimbulkan rasa enak dan umami, seperti monosodium glutamate (MSG). MSG mulai diproduksi sejak seabad yang lalu dan dikenal masyarakat dengan berbagai sebutan seperti vetsin dan micin. Sampai saat ini masih banyak anggapan di masyarakat bahwa MSG dapat menyebabkan anak bodoh, menyebabkan asthma dan kanker, Apakah benar? Apakah MSG itu, amankah MSG digunakan? Bagaimana cara menggunakannya?
Memperhatikan permasalahan tersebut dan berbagai bukti mutakhir tentang pangan hewani dan keamanan MSG, maka Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, DPC PERSAGI Kota Bogor, dan DPP PERGIZI PANGAN Indonesia akan menyelengarakan Seminar Nasional dengan tema “Gizi Seimbang yang Enak dan Aman”.

Senzasional 2010 merupakan rangkaian acara yang terdiri atas roadshow seminar kecamatan dan seminar nasional. Berikut penjelasannya:
1. Roadshow Seminar Kecamatan
Seminar Kecamatan akan diadakan di empat kecamatan di Kota dan Kabupaten Bogor. Setiap seminar akan dilaksanakan dengan tema dan topik sebagai berikut:
Tema : “Gizi Seimbang yang Aman, Enak, dan Sehat”
Topik : “Masak Aman, Sehat dan Enak: Solusi Tepat untuk Gizi
yang Baik bagi Keluarga “
Seminar ini akan dibahas materi mengenai deskripsi, pentingnya, contoh menu, dan pengertian umum serta penggunaan dan pengolahan makanan dengan gizi seimbang yang aman, enak, dan sehat. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat mengetahui bagaimana mendapat asupan gizi seimbang yang tidak hanya sehat, tetapi juga aman secara umum, yakni bebas mikroba, bebas kerusakan fisik, dan kontaminan zat kimia. Selain itu, juga akan dijabarkan bahwa gizi seharusnya memiliki rasa ‘enak’ untuk dikonsumsi. Dalam sesi ini, akan dijelaskan pula mengenai pengertian umum pangan hewani, agar masyarakat mengetahui pentingnya mengkonsumsi pangan hewani bagi tubuh, baik dalam bentuk olahan pabrik maupun alami.

2. Seminar Nasional
Seminar ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan tentang serba-serbi protein hewani dan MSG sebagai makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari:

Topik 1 :
“Pangan Hewani untuk Kecerdasan dan Kesehatan: Haruskah mengkonsumsi daging dan susu?”
Sesi ini menampilkan Dr. Minarto, MPS, Direktur Gizi Masyarakat KEMMENKES RI/ Ketua Umum PERSAGI Sesi ini membahas topik mengenai protein hewani secara keseluruhan, seperti pentingnya mengkonsumsi pangan sumber protein hewani, kebutuhan dan cara cerdas mengkonsumsi pangan sumber protein hewani pada berbagai tingkatan umur dan kondisi fisiologis, dan isu-isu terbaru terkait pangan sumber potein hewani.

Topik 2 :
“Aspek Gizi dan Keamanan Monosodium Glutamat: Amankah dikonsumsi?”
Sesi ini menampilkan Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Guru Besar FEMA IPB sekaligus Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia. Sesi ini mengangkat topik MSG dan kaitannya dengan kesehatan secara umum, yaitu definisi dan kandungan MSG, metabolisme MSG dalam tubuh dan pengaruhnya terhadap kesehatan, isu-isu kesehatan terkait dengan MSG, dan cara cerdas dan sehat mengkonsumsi MSG.

Waktu dan Tempat :
Seminar Gizi Nasional (SENZASIONAL) 2010 terdiri dari dua rangkaian acara yaitu :
1. Roadshow seminar kecamatan
Hari, Tanggal : Sabtu, 20 November 2010
Waktu : 08.30 – 10.15 WIB
Tempat :
– Balai Desa UPTD Kecamatan Ciampea
– Aula Kecamatan Bogor Barat
– Rumah Joglo Kecamatan Ciomas
– Aula Kecamatan Dramaga

2. Seminar Nasional
Hari, Tanggal : Sabtu, 18 Desember 2010
Waktu : 08.00 – 12.30 WIB
Tempat : Convention Center – Hotel Braja Mustika
Jln Dr. Semeru Komplek Villa Bogor Golf, Bogor 16111
(Depan RS Karya Bhakti)

Harga Tiket :
Pelajar/S0/S1 = Rp 15.000
S2/S3/Umum = Rp 25.000

Contact Person :
Sri Ayu Lestari : 085295802530
Hadiguna : 085717598688

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: