Seminar Ilmiah Nasional (SIN) 2010


FORCES IPB sebagai UKM keilmiahan membulatkan tekadnya untuk turut serta dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. FORCES FAIR merupakan salah satu program kerja Departemen Riset dan Edukasi FORCES yang diadakan tiap tahun. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang terdiri dari acara Kompetisi Inovasi Agroteknologi (KIA), Lomba Essay Ilmiah Nasional (LEIN), dan Seminar Ilmiah Nasional (SIN).

Pada puncak acara kami dengan bangga mempersembahkan acara, SIN (SEMINAR ILMIAH NASIONAL) 2010 yang bertemakan:
“Optimalisasi Potensi Kearifan Lokal Menuju Pertanian Modern Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan” yang juga akan dibarengi dengan Pengumuman dan Penganugrahan Pemenang KIA dan LEIN 2010.
Info di http://forces.lk.ipb.ac.id/

Kenyataan menunjukkan bahwa indeks pembangunan sumber daya manusia (SDM) kita sangat rendah. Global Competitive Report 2005-2006 yang dikeluarkan oleh World Economic Forum menempatkan Indonesia pada urutan ke-74 dari 117 negara jauh di bawah Thailand (36), Malaysia (24) dan Singapura (6). Kita memahami bahwa dalam konteks memajukan suatu bangsa, kualitas sumber daya manusianya merupakan faktor peubah yang mutlak. Tanpa memperhatikan upaya pengembangan SDMnya maka sebuah upaya pembangunan bangsa tidak akan pernah eksis.

Sejak tahun 1960-an bangsa Indonesia telah menggalakkan program pembangunan nasional dengan membangun industri berbasis ekspor. Dari segi perubahan struktural industri kita, maka program pembangunan industri berbasis ekspor ini bisa dikatakan cukup berhasil. Kalau tahun 1975 basis ekspor kita 80% adalah sumber daya alam yang tidak diolah, maka tahun 1995 ekspor bahan mentah itu hanya tinggal 25%. Sebaliknya pangsa ekspor barang olahan yang hanya 10% pada tahun 1975 meningkat menjadi 60% pada tahun 1995. Suatu pencapaian yang spektakuler dalam waktu yang relatif singkat yang dipuja-puja oleh para pengamat ekonomi di seluruh dunia pada saat itu. Akan tetapi kalau dilihat lebih mendalam, laju pembangunan ekonomi yang dipacu oleh pembangunan industri berbasis ekspor selama masa orde baru tersebut tidaklah diimbangi dengan pembangunan SDMnya yang memadai untuk bisa menjamin laju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, terutama PEMUDA.

Melihat kenyataan tersebut di atas, maka FORCES IPB sebagai UKM keilmiahan membulatkan tekadnya untuk turut serta dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.  Pemanfaatan iptek dalam pembangunan nasional merupakan keniscayaan, dan hanya bisa direalisir dengan upaya mengembangkan SDM berbasis iptek yang berkualitas dan membangun budaya berpikir dan aktifitas inovasi bagi seluruh bangsa. Pemuda, khususnya mahasiswa, sebagai elemen Bangsa perlu digerakkan dalam peran serta mengisi pembangunan bangsa dan negara. Pemuda, khususnya mahasiswa, akan menjadi kelompok perintis penyelesaian permasalahan bangsa di tingkat lokal, sehingga secara tidak langsung akan mengurangi permasalahan bangsa. Dengan hal ini, maka bangsa Indonesia akan memiliki daya saing global.

Pendaftaran
Via sms: nama lengkap (spasi) Pelajar/Mahasiswa/Umum (spasi) Institusi (spasi) NIM/NRP
Kirim ke no 085264987873
atau Stand Koridor Faperta sejak tanggal 25 November- 2 Desember 2010

HTM:
-Pelajar : Rp 10.000,-
-S1, D1, D2. D3 : Rp 15.000,-
-S2, S3, Umum : Rp 50.000,-
Pembayaran via ATM BNI Cabang Bogor a.n. Ahmadun No. Rek. 0153787569 (*untuk Non IPB)

Terima kasih

“Berilah aku sepuluh pemuda, maka aku akan mengubah dunia.”
–Bung Karno –

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: