Pengajar Muda – Indonesia Mengajar Cohort 2


Gerakan Indonesia Mengajar adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi peningkatan dan pemerataan pendidikan berkualitas di nusantara. Program ini memiliki dua tujuan utama, pertama, mengirimkan putra putri terbaik untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD) diberbagai pelosok Indonesia. Kedua, membekali putra putri terbaik untuk menjadi pemimpin di masa depan, yaitu world class leader with grass root understanding, yaitu pemimpin yang pernah terjun ke bawah dan mengerti masalah rakyat.
Semenjak pertengahan 2009, Anies Baswedan dan kawan-kawan berdiskusi untuk merumuskan gerakan ini sebagai sebuah solusi terhadap masalah pendidikan di tanah air. Memang dibutuhkan sebuah program konkret, bukan sebatas berhenti pada konsep, ide, dan seminar tentang pendidikan.

Gerakan Indonesia Mengajar merumuskan sebuah program dengan mengirimkan sarjana-sarjana terbaik dari berbagai perguruan tinggi untuk mengabdi menjadi guru SD di pelosok republik. Kami yakin bahwa republik ini masih melahirkan banyak pemuda yang peduli dengan masalah bangsa. Kami yakin bahwa bangsa ini masih memiliki banyak sarjana yang ingin mengabdi dan memberikan inspirasi ke pelosok negeri.

Melalui Gerakan Indonesia Mengajar, kami mengajak sarjana dari berbagai perguruan tinggi untuk mengabdikan diri selama setahun sebagai guru SD di berbagai daerah. Mengapa menjadi guru? Karena guru adalah “ujung tombak” pendidikan. Guru terbaik selalu bisa memberikan inspirasi bagi murid-murid untuk berpikir maju dan berani bermimpi untuk meraih cita-cita. Kita tentu mengharapkan guru seperti Ibu Muslimah dalam Laskar Pelangi. Ibu Muslimah adalah seorang guru di pelosok pulau Belitung yang mampu memberikan inspirasi bagi murid-murid di sebuah SD tertinggal.

Tentu kita mengharapkan kehadiran Ibu Muslimah diberbagai tempat. Kita butuh puluhan Ibu Muslimah, ratusan Ibu Muslimah, bahkan ribuan Ibu Muslimah diberbagai penjuru tanah air. Negeri ini sudah terlalu banyak masalah. Sudah saatnya kita memberikan sedikit kontribusi untuk memperbaiki negeri ini. Bukan hanya mengutuk kegelapan, tapi ikut menyalakan lilin yang menerangi kegelapan. It’s better to light a candle than curse the darkness.

Bagi para sarjana, mari bergabung dengan Gerakan Indonesia Mengajar sebagai guru SD. Kehadiran sarjana-sarjana terbaik tentu bisa memberikan inspirasi bagi anak-anak di daerah. Mereka, anak-anak disana, bahkan “tidak pernah bermimpi” untuk mengenal sarjana-sarjana terbaik. Bayangkan jika ribuan bahkan jutaan anak-anak terinspirasi dan “berani bermimpi”, maka Indonesia akan menjadi negara hebat di masa depan. Di pundak sarjana-sarjana dan anak-anak itulah, masa depan Indonesia digantungkan.

Bagi yang ingin memenuhi panggilan untuk mengisi janji kemerdekaan, yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa”, mari bergabung sebagai guru (yang selanjutnya disebut sebagai Pengajar Muda). Silakan membuka website Gerakan Indonesia Mengajar dihttp://www.indonesiamengajar.org/ dan mendaftar dihttp://registrasi.indonesiamengajar.org/. Pendaftaran mulai dibuka 1 Januari 2011.

Kami menunggu kontribusi para sarjana-sarjana terbaik untuk membayar hutang kepada bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Website http://www.indonesiamengajar.org/
Facebook Indonesia Mengajar
Twitter @PengajarMuda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: