Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Tahun 2011


KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
JALAN GERBANG PEMUDA NO.3 SENAYAN JAKARTA 10270
TELEPON/FAKSIMILE (62-21)5738155, 5738318, 5738312, 5703966, 5703987, 5738152, 5704004, 57385292, 5738153, 5731106

Jakarta, 3 Maret 2011
Nomor: 0384 /D.I MENPORA/3/2011
Lampiran: Satu berkas
Hal: Seleksi Calon Peserta Program Pertukaran Antar Negara (PPAN) Tahun 2011-2012

Kepada Yth.
Kepala Dinas/Badan/Biro Provinsi
yang Menangani Kepemudaan
di
Seluruh Indonesia

Dengan hormat, kami sampaikan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda akan melaksanakan Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2011-2012.

Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon bantuan Saudara untuk melakukan seleksi peserta, dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Panitia Seleksi Daerah
Tim seleksi daerah melibatkan unsur lembaga / pemerintah / perguruan tinggi / individu yang menguasai:
1. Bidang Psikologi
2. Bahasa Inggris
3. Bidang Komunikasi
4. Bidang Seni Budaya

B. Persyaratan Calon Peserta
1. Warga Negara Indonesia;
2. Memiliki akses yang kuat dalam bidang Pemberdayaan Pemuda;
3. Usia:
a. Program Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada (PPIK): usia 18-23 tahun;
b. Program Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA): usia 21-25 tahun;
c. Program Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (PPIM): usia 23-27 tahun;
d. Program Pertukaran Pemuda Indonesia Korea Selatan (PPIKS): usia 18-25 tahun;
e. Program Pertukaran Pemuda Indonesia Cina (PPIC): usia 18-25 tahun;
f. Program Ship for South East Asia Youth Program (SSEAYP): usia 20-30 tahun.

4. Sehat jasmani dan rohani;
5. Minimal lulus SLTA;
6. Belum menikah:
7. Aktif dan berminat dalam bidang pemberdayaan masyarakat (community empowerment);
8. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan dengan skor kompetensi minimum memenuhi salah satu sistem tes sebagaimana ketentuan berikut:

1. Test of English for lnternational Communication (TOEIC): 400
2. Test of English as a Foreign Language (TOEFL)
a. TOEFL Paper: 432
b. TOEFL CBT: 120
c. TOEFL IBT: 40
3. lnternational English Language Testing Sysfem (IELTS): 3.5
4. Cambridge Exam: Preliminary English Test (PET)

9. Belum pernah mengikuti program pertukaran pemuda dengan luar negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga;
10. Menguasai salah satu atau lebih jenis keterampilan kesenian;
11. Belum pernah terlibat dalam tindakan kriminal dan dijatuhi hukuman berdasarkan keputusan pengadilan, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
12. Lulus seleksi ditingkat daerah dan pusat;
13. Semua calon peserta yang lulus seleksi daerah akan dipanggil untuk mengikuti medical check up (MCU) di Jakarta, pada rumah sakit yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar negara tujuan di Jakarta (untuk program PPIK dan PPIA).
14. Calon peserta yang tidak lolos dalam MCU di Jakarta, maka nominasinya akan digantikan oleh calon peserta unggulan kedua dari provinsi dimaksud dengan jenis kelamin yang sama.

C. Persyaratan Administratif bagi peserta yang lulus seleksi
1. Akte kelahiran atau kenal lahir;
2. Izin tertulis bermaterai Rp.6000,- asli dari orang tua / instansi yang bersangkutan,
3. Menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Daerah setempat;
4. Surat pernyataan peserta bermaterai Rp.6000,- yang telah ditandatangani pula oleh orang tua / instansi yang mengirimkan peserta, menyatakan kesediaan untuk mentaati peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga;
5. KTP yang masih berlaku;
6. Fotokopi paspor yang masih berlaku (paspor asli harap dibawa ketika acara Pre Departure Training);
7. Fotokopi sertifikat kompetensi Bahasa Inggris (TOEIC / TOEFL / IELTS / Cambridge Exam) yang disahkan Kadispora / Kadisdik tingkat Kota / Kabupaten;
8. Pasfoto berwarna 2X3 dan 4X6 masing-masing sebanyak 6 lembar;
9. Menyerahkan karya tulis dalam Bahasa Inggris (minimal 1000 kata) mengenai kegiatan selama mengikuti program dan rencana kegiatan pasca program.

D. Pembiayaan
1. Yang ditanggung masing-masing daerah adalah biaya pengurusan paspor di provinsi masing-masing.
2. Yang ditanggung oleh Pemerintah Provinsi adalah:
a. Uang saku peserta selama mengikuti program;
b. Biaya perjalanan dari tempat tinggal ke ibukota provinsi;
c. Akomodasi selama di ibukota provinsi.

3. Yang ditanggung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah:
a. Biaya visa, airport tax dan tiket ke negara tujuan PP;
b. Transport dari ibukota provinsi – Jakarta (PP) untuk mengikuti program;
c. Perlengkapan dan akomodasi selama mengikuti program;
d. Biaya medical check up untuk peserta PPIK dan PPIA

E. Kuota Peserta
Seleksi peserta pada tiap provinsi agar merujuk kepada matriks alokasi kuota terlampir.

F. Waktu Pengiriman Hasil Seleksi
Data hasil seleksi program diharapkan dapat kami terima paling lambat tanggal 4 April 2011 dengan format sebagaimana terlampir. Setiap program terdiri atas unggulan pertama dan unggulan kedua (sebagai cadangan, dengan jenis kelamin yang sama) berdasarkan peringkat hasil seleksi. Jumlah calon peserta unggulan kedua (cadangan) sama dengan jumlah calon unggulan pertama.

G. Informasi ini dapat dilihat juga di http://www.kemenpora.go.id

Atas perhatian dan kerjasama saudara, kami ucapkan terima kasih.

Tembusan Yth.
1. Bapak Menteri Negara Pemuda dan Olahraga d.p Seskemenpora;
2. Gubernur Provinsi di seluruh Indonesia.

Contact Person:
1) Drs. Mirhan Tabrani, M.Ed (HP. 0878 7764 9349);
2) Drs. Abri Eko Noerjanto, MM (HP. 0813 8520 5160)

Download pengumuman resmi disini.

Dengan kaitkata , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: