Lomba Karya Tulis Mahasiswa “ Lestarikan Waduk Cirata untuk Generasi Mendatang”


A.    Latar Belakang

Waduk Cirata kian waktu mengalami ancaman dan kerusakan setiap saat. Kerusakan karena pencemaran dan pola hidup yang tidak ramah lingkungan dari manusia merupakan penyebab yang diyakini turut andil terjadinya kerusakan di waduk Cirata. Sebagai akibatnya, keseimbangan ekosistem di dalam waduk Cirata menjadi terganggu. Meskipun begitu, belum cukup untuk menjadikan kerusakan yang terjadi sebagai pelajaran yang dapat menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Berbagai upaya penyadaran telah banyak dilakukan, dari berbagai stakeholder di 3 kabupaten tak pernah lepas dari upaya kampanye kelestarian lingkungan hidup.

Berkenaan dengan peringatan hari Lingkungan Hidup, maka perlu adanya inisiatif dari berbagai pihak, baik instansi pemerintah, non pemerintah, swasta dan individu untuk bersama-sama memberikan kontribusi untuk memperbaiki kondisi waduk Cirata.

Atas dasar kepedulian tersebut, PT PJB BPWC selaku pengelola waduk Cirata mempunyai kewajiban untuk berkontribusi dalam memberikan edukasi kelestarian waduk Cirata melalui rangkaian acara Hari Lingkungan Hidup 2011. PT PJB BPWC akan menggelar program Lomba Karya Tulis Mahasiswa se Jawa Barat. Program yang ditujukan untuk meningkatkan kreatifitas para pelajar, khususnya dalam hal kepedulian generasi muda terhadap lingkungan dan masa depan Waduk Cirata ini,  akan dilaksanakan mulai 20 Juni sampai dengan 12 September 2011 mendatang.

Tema program karya ilmiah ini adalah “ Lestarikan Waduk Cirata untuk Generasi Mendatang”.  Adapun ruang lingkup tulisan adalah seputar lingkungan waduk Cirata dan fungsi utamanya sebagai pembangkit listrik (PLTA). Dibuat secara terbatas, agar peserta lebih fokus dalam menciptakan karya tulis, serta dalam kaitannya  dengan keberadaan PT PJB BPWC selaku Badan Pengelola Lingkungan di Waduk Cirata.

Reward yang akan diperoleh bagi peserta yang juara berupa beasiswa senilai total 15 juta berikut trophy dan sertifikat.
Untuk dapat mengikuti lomba karya tulis ini, peserta adalah harus merupakan mahasiswa aktif   di Perguruan Tinggi di Jawa Barat, baik swasta maupun negeri.  Peserta dapat berupa perorangan atau kelompok.  Dalam satu kelompok max 3 orang, dapat terdiri dari berbagai jurusan dalam satu perguruan tinggi.

Hasil karya tulis peserta harus merupakan karya tulis ilmiah asli  dan bukan saduran. Untuk persyaratan lebih lengkap dan informasi lebih lengkap, calon peserta dapat menghubungi panitia di Kantor PT PJB Badan Pengelola Waduk Cirata, e-mail: panitialktm.bpwc@gmail.comatau dapat dilihat pada artikel pengumuman di www.ptpjb.com atau www.lktm-bpwc.com

Untuk pengumuman hasil pemenang direncanakan akan dilakukan pada 12 September 2011 mendatang.

Bidang Kajian

Kegiatan ini memfasilitasi kompetensi dan perhatian mahasiswa dari berbagai Jurusan di Perguruan Tinggi melalui Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTIM) terhadap permasalahan lingkungan, khususnya di Waduk Cirata.

 KETENTUAN PERLOMBAAN

A.    Persyaratan

Persyaratan dalam mengikuti perlombaan karya tulis ini adalah :

  • Mahasiswa D-I, D-II, D-III, D-IV, S-1 berbagai jurusan se-Jawa Barat
  • Individu atau kelompok (maks. 3 orang)
  • Diperbolehkan kombinasi jurusan dengan catatan masih satu institusi
  • Melampirkan surat keterangan mahasiswa dari pejabat kampus yang berwenang
  • FC KTM dan KTP/SIM/Paspor (1 lembar)
  • Mengisi formulir yang disediakan
  • Kegiatan ini tidak berlaku bagi karyawan PT PJB dan keluarganya
  • Hanya naskah yang memenuhi persyaratan tersebut yang akan diproses. Seluruh karya yang masuk menjadi milik panitia

B.    Jadwal dan Alur Pendaftaran

Informasi

Pengumuman lomba disampaikan di media online www.ptpjb.com atau www.lktm-bpwc.com mulai tanggal 20 Juni 2011.

Pendaftaran

Tanggal 20 Juni – 20 Juli 2011. Mengisi form pendaftaran dan mengirimkannya ke panitialktm.bpwc@gmail.com (format pdf). Form pendaftaran dapat diperoleh di alamat www.ptpjb.com atau melalui panitialktm.bpwc@gmail.com

Pengiriman naskah

Tanggal 27 Juni – 6 Agustus 2011. Pengiriman 1 berkas naskah ke alamat panitia, dengan batas akhir pengiriman tgl 6 Agustus 2011 (cap pos) disertai berkas naskah soft copy (format pdf) ke alamat e-mail panitia: panitialktm.bpwc@gmail.com, dengan batas akhir pengiriman tgl 6 Agustus 2011 pukul 23.59 WIB.

Lampiran : Surat keterangan mahasiswa dari pejabat kampus yang berwenang, KTM dan KTP/SIM/Paspor setiap anggota (fotocopy / soft copy scan format pdf)

Seleksi naskah

Tanggal 10 – 23 Agustus 2011

Pengumuman 10 besar

Tanggal 26 Agustus 2011, melalui media online www.ptpjb.com atau www.lktm-bpwc.com

Presentasi 10 besar dan seleksi juara

Tanggal 12 September 2011. Peserta yang masuk 10 besar harus menyiapkan berkas naskah print out yang sesuai dengan softcopy yang telah dikirim beserta file presentasinya. Bertempat di Kantor PT PJB Badan Pengelola Waduk Cirata

Pengumuman akhir

Tanggal 12 September 2011. Hasil keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.Tidak ada korespondensi antara peserta dan panitia maupun juri setelah pengiriman naskah ditutup.

Informasi lebih lengkap dapat mengunjungi http://lktm-bpwc.com

Dengan kaitkata , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: