Festival Film Pelajar Jogja 2011


Latar Belakang

Bangsa Indonesia dibangun dengan beberapa pilar, salah satunya adalah Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu. Pilar ini merupakan kekuatan pembentuk jati diri bangsa yang terdiri dari keanekaragaman suku, bahasa, agama, seni, budaya, dll. Masing-masing elemen memiliki karakter yang telah hidup dan berakar kuat, kemudian membentuk kekuatan dan keunikan nusantara. Keanekaragaman ini diperkokoh lagi dengan kesadaran satu tanah air Indonesia. Maka, lengkaplah kekuatan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang siap menyongsong masa depan lebih baik di berbagai sektor kehidupan.

Bhinneka Tunggal Ika tidak sekadar semboyan bangsa Indonesia. Ia harus dipahami sebagai tali perekat keanekaragaman. Apabila tali ini terkoyak, maka akan terjadi kerenggangan hubungan sosial dan lainnya. Untuk menjaga dan menghindari hal ini kita harus memiliki pemikiran, sikap dan perilaku yang baik untuk mengawal Bhinneka Tunggal Ika agar tetap solid dan mampu memfasilitasi seluruh keanekaragaman yang hidup, tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Ikhtiar untuk membumikan Bhinneka Tunggal Ika agar tidak dipahami hanya sebatas slogan dapat dimulai dengan berbagai cara. Para pemikir berkarya dengan wacana/diskursus kritisnya. Para agamawan/rohaniwan berkarya dengan menebar suara-suara kedamaian dan kesejukan. Para pamong pemerintah berkarya dengan memfasilitasi dialektika ke-Bhinneka-an. Para aktivis berkarya dengan advokasi dan kerja-kerja pemberdayaan masyakarat. Kalangan pendidikan dan seni dapat berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan apresiasi dan memfasilitasi ruang ekspresi serta silaturahmi. Karya-karya ini akan menjadikan kesadaran ber-Bhinneka Tunggal Ika menjadi sebuah praktik hidup keseharian yang alami dan bermanfaat.

Berdasarkan paparan di atas, Panitia Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) pada penyelenggaraanya yang ke-2 di tahun 2011 ini secara khusus mencoba untuk berkarya dan menjadi bagian dari stakeholder yang berjuang mengawal Bhinneka Tunggal Ika sebagai pembentuk jati diri bangsa. Penyelenggaraan FFPJ 2011 diharapkan mampu memfasilitasi ruang apresiasi, ekspresi dan silaturahmi komunitas serta karya film pelajar Indonesia yang bertema Bhinneka Tunggal Ika. Pada tataran praktis yang terkait dengan film, tema ini dapat dielaborasi lagi sesuai dengan cerita lingkungan terdekat kita, misalnya tentang keragaman seni, akulturasi budaya, toleransi, komunitas heterogen yang inspiratif, cerita/profil tentang tokoh masyarakat/adat, tokoh perdamaian, tokoh pendidikan, dll. FFPJ 2011 membuka ruang kreativitas seluas-luasnya untuk membumikan Bhinneka Tunggal Ika ke dalam bentuk seni film yang estetis dan komunikatif.

 Tujuan dan Manfaat

  1. Membumikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika di kalangan komunitas film pelajar Indonesia.
  2. Belajar bersama memahami dan menggunakan film sebagai sarana ekspresi seni, komunikasi dan pendidikan kritis.
  3. Berbagi pengetahuan, pengalaman dan keterampilan pembuatan film.
  4. Silaturahmi komunitas dan karya film pelajar Indonesia.
  5. Menumbuhkembangkan kepedulian berbagai pihak dalam mendukung dan membina komunitas dan karya film pelajar Indonesia.

Peserta

Pelajar Sekolah Menengah Atas/Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA, SMK, MA) serta yang sederajat se-Indonesia.

Pelaksanaan

Hari        : Sabtu-Minggu

Tanggal : 17-18 Desember 2011

Pukul      : 09.00-21.00 WIB

Tempat : Museum Benteng Vredeburg, Jalan Malioboro, Yogyakarta

Kategori Karya

  1. Fiksi (live action dan animasi)
  2. Dokumenter

Ketentuan Karya

  1. Tema: Bhinneka Tunggal Ika
  2. Durasi maksimal 10 (sepuluh) menit.
  3. Tahun produksi/pembuatan 2011.
  4. Karya dibuat oleh individu atau kelompok, dalam satu sekolah yang sama atau berbeda, dan dikirimkan atas nama sekolah yang diikuti sutradara.
  5. Tim produksi adalah pelajar aktif, maksimal duduk di kelas XII atau XIII pada semester genap tahun akademik 2010/2011 (dibuktikan dengan hasil scan kartu pelajar).
  6. Apabila karya menggunakan dialog/narasi bahasa daerah, maka harus diberi subtitle bahasa Indonesia.
  7. Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya.
  8. Karya yang pernah mengikuti festival lain, boleh diikutsertakan.
  9. Karya dikirimkan dalam bentuk DVD (PAL system), menggunakan cashing dengan ukuran 8 x 11 cm, diberi cover design, paling lambat 10 Nopember 2011 (cap pos).
  10. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, kliping, grafis, dll) yang digunakan dalam film tidak boleh menggunakan milik orang lain, kecuali ada ijin tertulis dari pembuatnya (yang diberikan surat kuasa).
  11. Hak cipta karya menjadi milik peserta. Khusus untuk kepentingan publikasi festival, penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh, khususnya untuk ditampilkan di situs www.filmpelajar.com sebagai official website.
  12. Karya dan kelengkapannya yang tidak sesuai dengan ketentuan akan didiskualifikasi.
  13. Keputusan juri adalah mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
  14. Jika dikemudian hari didapatkan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan yang sudah diberikan.

 Dewan Juri Utama

Ditentukan kemudian

 Dewan Juri Seleksi

Tim Penyelenggara Festival Film Pelajar Jogja 2011

Penghargaan

  1. Perwakilan dari tim produksi yang karyanya mendapatkan penghargaan Terbaik I, II dan III Kategori Fiksi dan Dokumenter (total 10 orang) diberikan beasiswa mengikuti workshop seni film senilai 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah). Beasiswa tidak termasuk biaya transportasi pergi pulang/PP peserta dari daerahnya ke lokasi workshop.
  2. Piala (untuk Terbaik I) dan sertifikat (untuk Terbaik I, II dan III).

 Penyelenggara

Panitia Festival Film Pelajar Jogja 2011 bekerja sama dengan filmpelajar.com dan Ozone Production

Sekretariat

Jl. Sugeng Jeroni No. 28 Jogjakarta

Telp/Faks 0274-379154

Email: festivalfilmpelajarjogja@yahoo.com

Formulir Pendaftaran FFPJ 2011.doc

Kriteria Penjurian FFPJ 2011.pdf

TOR FFPJ 2011.pdf

Sumber : http://filmpelajar.com/berita/festival-film-pelajar-jogja-2011

Dengan kaitkata , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: