Science and Social Olympiads 12


Kualitas pendidikan di Indonesia sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Berbagai macam usaha telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa seperti pola kegiatan belajar mengajar yang berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan kegiatan wajib belajar 9 tahun. Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berorientasi pada kecerdasan, bakat dan minat masing-masing. Terutama pada bidang-bidang tertentu seperti Science and Social.

Upaya yang dilakukan baik oleh pemerintah, maupun lembaga pen-and-ink bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan mempersiapkan generasi muda sebagai generasi pembangun masa depan yang mampu dan percaya diri menghadapi tantangan di era globalisasi.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut dan mengharap ridlo-Nya serta didorong oleh kemajuan teknologi maka terciptalah suatu olimpiade yang bernama SSO. Science and Social Olympiads (SSO) adalah suatu kompetisi yang diselenggarkan oleh SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang sebagai sarana untuk mengoptimalkan kecerdasan anak bangsa dan meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang kian pesat. Acara besar inipun diadakan bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun sekolah.

SSO pertama kali diselenggarakan dengan nama Olimpiade MIPA untuk SMP sederajat se-Jawa Timur pada tahun 2000. Seiring dengan berjalan waktu, maka dilakukan banyak pembaharuan, salah satunya dengan bergantinya nama yang lama menjadi SSO VII pada tahun 2006. Hal ini dilakukan untuk mensejajarkan IPA dan IPS dimata masyarakat. IPA yang umum dipandang mempunyai kehebatan sendiri membuat masyarakat cendurung memilih IPA dibanding IPS, sehingga IPS mengalami penurunan dan dipandang sebelah mata. Kami pun mengemas IPA dan IPS dalam satu wadah yang bernama SSO. Hal inipun disambut hangat oleh masyarakat dengan kian bertambahnya peserta yang SSO dari berbagai daerah.

SSO yang selama 11 tahun terkahir ini hanya menampung peserta dari Pulau Jawa dan Bali kini melebarkan sayapanya ke tingkat nasional. Dengan adanya kemajuan dalam ilmu teknologi. SSO kali ini memanfaatkan sarana internet sebagai pendukung utama event tersebut. Dengan adanya sarana online yang berperan aktif, maka sosialisasi, pendaftaran, serta babak penyisihan dapat kami lakukan dengan cepat dan mudah. Selanjutnya babak perempat, semi, hingga grand final tetap akan kami gelar di SMA Darul Ulum 2 sendiri.

Tibalah saat ini SSO 12 yang mengusung tema “ Passing Beyond The Zones of University by The Power of Knowledge” akan diadakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 18 September 2011. Sedangkan babak perempat, semi hingga grand final akan diadakan tanggal 22-23 September 2011.

Syarat dan ketentuan dapan dilihat di http://www.sso-smadu2.com

Dengan kaitkata , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: