Lomba Desain WoW! 2011 “Wayang dan Kita”


Latar Belakang
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan tingkat keragaman yang juga tertinggi di dunia. Terdiri lebih dari 17.000 pulau yang menjadi rumah bagi 729 suku, sub-suku, dengan 726 bahasa yang hidup, Indonesia juga mewarisi peninggalan aristokratik yang kaya. Tak berlebihan bila Indonesia juga disebut sebagai negeri dengan seribu raja. Kekayaan kebudayaan Indonesia melahirkan mahakarya yang juga diakui sebagai warisan budaya dunia.

Salah satu mahakarya warisan budaya Indonesia adalah Wayang. Pada tahun 2004, Wayang Indonesia dikukuhkan oleh UNESCO sebagai World Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanityatau warisan budaya non-bendawi milik dunia yang menjadi puncak pencapaian perabadan manusia.

Selama lebih dari 10 abad, ekspresi kultural ini berkembang mulai dari pedesaan hingga ke wilayah istana (keraton). Dalam perkembangannya, wayang tidak hanya populer di pulau Jawa dan Bali, tapi juga telah sampai ke Lombok, Madura, Sumatera dan Kalimantan. Lebih jauh, bentuk dan rupa wayang itu sendiri mengalami berbagai transformasi, menyesuaikan diri dengan dinamika zaman dan tempat dimana ia berkembang. Mulai dari wayang batu, wayang kulit, wayang golek, wayang klithik, wayang beber, hingga wayang orang dan masih banyak lagi.Wayang dengan spirit populer maupun kontemporer lahir dalam bentuk teater, novel, bahkan bertransformasi fungsi menjadi elemen estetik dalam fashion maupun interior. Meskipun demikian, seiring dengan globalisasi, Wayang kini mulai kurang mendapat perhatian generasi muda.Komik wayang, misalnya, kini harus bertarung sengit dengan komik manga asal Jepang. Padahal, berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Pusat Data Wayang Indonesia (PDWI), masih terdapat lebih dari 200 jenis wayang, dimana beberapa jenis tergolong langka. Bila upaya revitalisasi dan re-generasi penikmat wayang tidak dilakukan, maka dapat dipastikan wayang akan terlupakan dan rawan mengalami kepunahan.

Wayang dan Kita
Wayang adalah sumber inspirasi yang tidak ada habisnya dan memungkinkan untuk di reinterpretasikan melalui ekspresi artistik yang beragam. Sebagai apresiasi terhadap warisan tradisi, diadakan ajang lomba desain kaos, desain poster dan komik strip yang membuka ruang-ruang ekspresi artistik yang bebas, interpretatif, sebagaimana generasi muda sekarang memandang wayang dalam perspektif kekinian.

KATEGORI LOMBA

  1. Lomba Desain Kaos
  2. Lomba Desain Poster Kampanye
  3. Lomba Komik Strip

RUANG LINGKUP & PESERTA LOMBA

Peserta lomba desain ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia di dalam dan luar negeri yang berusia minimal 18 tahun.

A. Lomba Desain Kaos

Kaos (T-shirt) saat ini telah banyak dipakai sebagai medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat, diolah dan disampaikan dengan kreatif dan impresif, karena dipakai langsung oleh target-nya dengan kesadaran dan kebanggaan.

Desain kaos ini dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar wujud yang dikirimkan berupa file digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya di kaos (sekitar A3) dan jika memahami teknik sablon dapat diperjelas nantinya dengan pemisahan warna diserta keterangan mengenai jenis bahan, jenis tinta, finishing dan aplikasi lain yang diinginkan.

B. Lomba Desain Poster Kampanye

Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat tetapi padat, serta mampu “berbicara” dan impresif karena ukurannya yang relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari poster tersebut; yaitu setara dengan 60 x 90 cm.

C. Lomba Komik Strip

Komik strip saat ini kerap dipakai juga sebagai medium yang efektif untuk menyampaikan pesan berupa cerita singkat yang dikemas dengan gaya humoris, simbolik atau mengangat keseharian sehingga lebih akrab dengan target-nya. Karya komik strip dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/ digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital, tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari komik strip tersebut yaitu setara ukuran A4.

TARGET AUDIENCE

Sasaran utama komunikasi (yang melihat poster, komik dan memakai kaos) adalah: masyarakat perkotaan yang berusia 18-40 tahun (Mahasiswa, karyawan, professional, dan wiraswasta) yang relatif awam mengenai wayang.

TUJUAN LOMBA

  • Terciptanya citra bahwa wayang tidak selalu harus identik dengan tradisi etnis tertentu, tetapi milik kita semua yang harus kita kenali dan jaga keberlanjutannya.
  • Tumbuhnya apresiasi kaum muda terhadap wayang dalam bingkai kekinian.
  • Timbulnya minat untuk kembali mengenal dan mengolah wayang sebagai lokal konten yang inspiratif.

ANJURAN
Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema lomba, membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan visual dan kata-kata yang cocok untuk masyarakat muda terpelajar perkotaan), serta mengkaji manfaat desain dan fungsi dari setiap media.

KETERANGAN TEKNIS LOMBA.

A. Kaos

  • Karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran file setara dengan 42 x 29,7 cm, 300 pixels/inch, posisi bisa vertikal / horizontal atau menyesuaikan dengan desain pada kaos yang diinginkan.
  • Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.

B. Poster Kampanye

  • Karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran 3543 x 5315 pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal,
  • Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.

C. Komik Strip

  • Karya asli: dibuat dengan format RGB, tiff, ukuran setara dengan 21 x 29,7 cm, 300 pixels/inch), posisi vertikal,
  • Thumbnail (perkecilan) karya: dibuat dengan format RGB, jpg, ukuran 534 x 800 pixels (setara dengan 9 x 13.5 cm, 150 pixel/inch), posisi vertikal, file size < 220 KB.

KETENTUAN UMUM KARYA

  1. Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan),
  2. Apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya,
  3. Untuk semua kategori karya bisa berupa hasil kerja individual atau kelompok maksimal 2 orang
  4. Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian dipindai (scanned) atau difoto digital, sehingga berwujud digital,
  5. Hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta. Panitia, penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut dengan memberi informasi/kredit pemilik hak ciptanya.
  6. Setiap karya dikenakan uang pendaftaran sebesar Rp. 20.000,-

a. Ketentuan isi paket/amplop pengiriman karya:

  • 1 buah CD (compact disc) berisi karya asli dan thumbnail karya
  • 1 buah komputer printout karya A4 ditempel ke atau pada kertas A4 tebal
  • 1 formulir registrasi lomba (cetakan/printout/ foto kopi) yang sudah diisi lengkap (biodata dan penjelasan/rasionalisasi karya)
  • 1 buah copy KTP
  • Copy Bukti Transfer uang pendaftaran
  • Tulis pada sudut kiri atas amplop dan amplop:

* Lomba Desain Kaos “Wayang&Kita”
* Lomba Poster Kampanye “Wayang&Kita”
* Lomba Komik Strip “Wayang&Kita”

  • Jika mengikut sertakan lebih dari 1 kategori harap tiap kategori dimasukkan ke amplop yang terpisah, namun dalam pengiriman boleh disatukan dalam 1 amplop.
  • Karya tidak digulung/dilipat.
  • Tidak ada maksimal jumlah karya yang dapat dikirimkan

b. Waktu dan alamat pengiriman karya:

  • paket/amplop karya selambat-lambatnya diterima di alamat panitia tanggal: 30 September 2011, jam 17.00 wib (BUKAN CAP POS)
  • karya dikirim langsung/via pos ke alamat panitia (pada jam kerja)

 PENJURIAN

Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri, satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat satu penghargaan. Dewan Juri terdiri dari praktisi/desainer senior, pendidik/dosen DKV dan wakil dari penyelenggara dan sponsor (Gelar & Senawangi)

Hal yang dijadikan dasar penilaian juri adalah:

  • orisinalitas karya,
  • kesesuaian tema dan konsep desain,
  • lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan,
  • inovasi serta sisi artistik penyajian visual.

PENGHARGAAN

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat, trophy dan hadiah apresiasi, yang akan diinformasikan kemudian di web.

Akan dipilih 3 terbaik pilihan juri dan 1 pemenang favorit dari pengunjung pameran atau lewat situs (visa sms) dari setiap kategori.

Total hadiah senilai Rp. 100 juta rupiah ditambah royalty jika produk dipasarkan.

Untuk peserta dari luar Jakarta besar penggantian akomodasi berdasarkan kota asal akan diinformasikan kemudian.

PAMERAN & PENGUMUMAN PEMENANG

Karya pemenang, finalis dan beberapa karya peserta yang layak, akan dipamerkan di AlunAlun Indonesia – Grand Indonesia West Mall lantai 3, Jakarta pada tanggal 15 – 22 Oktober 2011, dengan pembukaan pada 15 Oktober 2011.

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara World of Wayang (WOW! 2011 (19-22 Oktober), pada penutupan acara yaitu tanggal 22 Oktober 2011 di Gedung Pewayangan Kautaman, TMII dan akan diberikan sertifikat tanda keikutsertaan pameran dan publikasi tingkat nasional.

Karya finalis juga akan ditayangkan mulai tanggal 15 Oktober 2011 di situs internet dengan alamat:
www.wayangdankita.wordpress.com
www.dgi-indonesia.com
facebook event & group “Wayang&Kita”

Karya yang masuk menjadi milik dan dokumentasi panitia tanpa menghilangkan hak penciptanya dan jika dipublikasikan lagi akan mencantumkan nama pembuatnya.

PENGIRIMAN KARYA

Alamat pengiriman karya (pada jam kantor: 09.00 – 16.00)

Panitia Lomba Desain “Wayang&Kita 2011”
d/a GELAR
Kebayoran Center B1 – 3rd Floor
Jl. Kebayoran Baru no 1
Jakarta 12240

KONTAK PANITIA: (harap tidak via sms)
Tiffany: 0818 3252 7223
Tina: 0856 916 999 55

INFORMASI INI BISA DIAKSES DARI:
www.wayangdankita.wordpress.com
www.dgi-indonesia.com
facebook event: Wayang dan Kita
twitter: @wayangdankita @cfs_event @olinefs

Dengan kaitkata , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: