SEADocs – The Southeast Asian Student Documentary Award


Garis Besar Kompetisi:

SEADocs – The Southeast Asian Student Documentary Award merupakan sebuah kompetisi untuk mendorong seni pembuatan film dokumenter sebagai dasar untuk menghadapi berbagai permasalahan lingkungan dan sosial yang menekan.

Kompetisi tahun 2011 ini mengundang para pelajar usia 18-28 di Kamboja, Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam untuk mengikutsertakan portfolio dan esai-esai motivasional mereka mengenai pembuatan film dengan tema “Pohon (-pohon) Kehidupan: Benih-benih Perubahan” hingga tanggal 2 September 2011.

Kelompok juri yang terdiri dari para ahli di bidang film, televisi dan perhutanan akan memilih 3 siswa berdasarkan portfolio pekerjaan dan esai-esai motivasional mereka. Para pelajar yang masuk dalam babak penyisihan nasional akan menerima bimbingan para ahli selama 8 minggu periode produksi film mereka.

Selama periode produksi, ide-ide film para siswa akan dipelajari dan dikembangkan dibawah bimbingan seorang ahli dan menerima biaya sebesar IDR 2.500.000 untuk memproduksi sebuah film dokumenter pendek (maksimum 10 menit) yang sesuai dengan tema. Film-film ini akan dikumpulkan pada tanggal 11 November 2011.

Tiga pemenang regional yang terpilih oleh para juri internasional masing-masing akan menerima hadiah berupa uang tunai sebesar IDR 4.200.000, sedangkan pemenang pertama akan menerima hadiah berupa uang tunai sebesar IDR 42.500.000 sebagai biaya produksi sebuah film dokumenter panjang.

Garis Besar Tema:

Hutan merupakan rumah bagi 80% keberagaman biologis bumi. Kehidupan lebih dari 1.6 miliar penduduk dunia pun tergantung padanya. Hutan bukan hanya sebuah sistem ekologi yang kaya, melainkan sebuah faktor integral kehidupan planet serta kelangsungan hidup manusia. Hubungan kita dengan hutan bumi ini sangatlah dalam di berbagai segi – secara budaya, kesehatan, ekonomi dan ekologi. Ikatan yang kuat inilah yang menjadi alasan bagi PBB untuk menetapkan 2011 sebagai Tahun Internasional Hutan dan mengapa hal ini menjadi fokus SEADocs 2011.

Adalah sebuah fakta yang telah diketahui banyak orang bahwa habitat hutan saat ini terancam di Asia Tenggara dan seluruh dunia akibat ulah manusia, baik melalui penggundulan, industrialisasi, maupun efek ekologi akibat perubahan iklim. Namun berbagai individu dan komunitas menemukan aneka cara inovatif untuk menghadapi tantangan ini. Mereka tidak hanya puas dengan mengidentifikasi masalah ini namun juga senantiasa mengejar berbagai solusi kreatif – seringkali dalam istilah mereka sendiri. SEADocs 2011 tidak membahas hutan murni sebagai permukaan bumi yang terisolasi, namun sebagai titik temu yang berbahaya antara alam dan dunia modern. Berita media seringkali berbicara tentang berbagai konsekuensi negatif dari pertemuan ini, namun individu dan kelompok-kelompok yang berdedikasi tinggi dari seluruh dunia dan Asia Tenggara juga menjadi aktif menjalankan peran mereka dalam menyembuhkan hubungan antara manusia dan hutan, mereka menaburkan benih-benih perubahan.

Kami meminta para pelajar di Asian Tenggara untuk melihat hubungan yang rumit dan beraneka-ragam antara individu dan komunitas dengan habitat hutan di daerah ini melalui mata “pembuat film” mereka yang unik. Kompetisi ini menantang para sutradara berbakat film dokumenter untuk melihat jauh dari yang kasat mata dan mencari kisah-kisah menakjubkan dibawah motto “Pohon (-pohon) Kehidupan: Benih-benih Perubahan.

Jadwal:

2 September 2011   Batas waktu pengumpulan
9 September 2011   pengumuman para kandidat babak penyisihan
4 November, 2011   pengumpulan film-film kompetisi oleh para kandidat babak penyisihan
27 November, 2011 pengumuman para pemenang dan upacara penghargaan di Vietnam

Panduan Pengumpulan:

1) Peserta yang sah adalah yang berusia 18-28 dan mengirimkan karyanya sebelum batas waktu pengumpulan. Hanya 1 pelajar per film yang diundang menghadiri lokakarya regional. Para profesional di bidang televisi dan film tidak diperkenankan mengikuti kompetisi.

2) Formulir pendaftaran dapat diunduh disini „Application Form”dengan persetujuan bahwa persayaratan pendaftaran telah dibaca dan dimengerti. Batas pengumpulan adalah 2 September 2011

3) Film-film yang sah harus disertai portfolio karya terakhir dalam bentuk DVD atau Data DVD sebagai esai motivasional sepanjang kira-kira 500 kata dalam bahasa Tagalog atau Inggris.

4) Materi harus tiba pada tanggal 5 September 2011 atau lebih awal.

5) Kirimkan materi ke:
Goethe-Institut Jakarta
SEADocs Competition
Jl. Sam Ratulangi 9-15
P.O. Box. 3640, Jakarta 10098

6) Materi yang telah dikumpulkan tidak akan dikembalikan pada peserta. SEADocs tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerusakan, salah alamat, tanggal cap pos, pencurian atau materi yang tidak layak.

7) Para 3 kandidat babak penyisihan dari setiap negara akan dipilih oleh panel juri nasional yang terdiri dari para profesional di bidang film dan televisi, serta ahli perhutanan.

8) Para kandidat babak penyisihan akan diumumkan pada tanggal 9 September melalui email dan situswww.goethe.de/sciencefilmfestival.

9) Para kandidat babak penyisihan akan menerima bimbingan selama periode produksi dari pembuat film-film dokumenter berpengalaman,

10) Para kandidat babak penyisihan akan menerima biaya sebesar IDR 2.500.000 untuk memproduksi sebuah film dokumenter pendek (maksimum 10 menit), yang harus diserahkan dengan subtitle bahasa Inggris atau naskah yang disertai time-code  yang akurat dan ditulis dalam bahsa nasional masing-masing peserta kompetisi.  Biaya prdouksi ini akan dibayar 50% dimuka dan 50% pada saat film diterima dengan subtitle atau naskah dengan time-code yang akurat.

11) Para pemenang regional akan dipilih oleh tim jury internasional yangterdiri dari para ahli film dan kehutanan. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 27 November 2011.

12) Tiga pemenang regional masing-masing akan menerima hadiah berupa uang tunai sebesar IDR 4.200.000. Pemenang pertama akan menerima dana sebesar IDR 42.500.00 untuk biaya produksi sebuah film dokumenter panjang pada tahun 2012. Hadiah ini akan dibayarkan dalam 2 bagian: 50% di muka setelah pengumpulan kalkulasi produksi dan laporan, sedangkan sisanya dibayarkan setelah film selesai dan hasil akhir dikumpulkan dengan teks bahasa Inggris.

13) Dengan mengikuti SEADocs, para peserta setuju untuk menerima dan terikat oleh keputusan yang dibuat oleh kompetisi ini dan para juri yang adalah mutlak dan tak dapat diganggu-gugat. Peserta setuju untuk terikat dalam segala hal mengenai peraturan resmi kompetisi yang telah tercantum.

Formulir Pendaftaran :  http://www.goethe.de/ins/th/prj/wif/sdc/apl/idindex.htm

Dengan kaitkata , ,

2 thoughts on “SEADocs – The Southeast Asian Student Documentary Award

  1. Mohd Daly Sandie mengatakan:

    nice ^^, sangat tertarik, tolong info lebih lanjutnya, terima kasih,🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: